Header Ads

Cek Fakta Air Rebusan Sirih Untuk Mata


Mata itu sama halnya dengan lampu kendaran pada malam hari. Kenapa demikian? Coba saja jika seseorang berkendara di malam hari dengan keadaan gelap tanpa bulan, tanpa bintang, dan tanpa Dia (ehem ehem), pasti akan kesepian. Atau mungkin abis diputusin dan lebih parah mungkin lihat gebetan yang gantungin hubungan eh malah tampak jalan sama yang lain. Ambyar tenan. Dengan laju kendaraan yang tanpa kendali tiba-tiba saja lampu kendaran anda mati. Tentu anda pasti tau endingnya ya kan. Kalau tidak bengkel, rumah sakit, atau rahmatullah. Bagitupun juga mata, tanpanya kita gak akan tau indahnya dunia. Percuma rasanya ada cewek seksi. Percuma juga rasanya ada televisi yang di dalam nya ada siaran cewek seksi. 

Begitu pentinya mata, tentu kita akan melakukan berbagai cara agar sepasang mata kita tetap sehat dan mampu beroperasi secara maksimal. Dan ketika sakit, tentu yang dicari terlebih dahulu adalah obat. Yah, obat kan untuk mengobati yang sakit. 
Salah satu obat mata yang dipercaya di tengah masyarakat adalah rebusan air daun sirih. Apakah benar rebusan air daun sirih mampu mengobati mata? Kita perhatikan dulu kutipan dari Kominfo sebagai berikut.


Air daun sirih dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai sakit mata, diantaranya mata merah atau gatal pada mata
Faktanya para ahli berpendapat penggunaan air rebusan daun sirih sangat tidak disarankan untuk mengatasi sakit mata, sebab tingkat keasaman atau pH pada air rebusan daun sirih tidak sesuai dengan pH normal yang terdapat di permukaan mata. Sehingga dapat menimbulkan reaksi perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata, terutama pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva. Kondisi tersebut dapat menyebabkan luka pada kornea mata dan akan meningkatkan resiko infeksi pada mata. Selain itu, pada daun sirih terdapat mikroorganisme seperti jamur yang dapat menimbulkan penyakit keratitis jamur dan apabila terlambat mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan kebutaan.
       Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/20910/hoaks-air-rebusan-daun-sirih-untuk-mengobati-mata/0/laporan_isu_hoaks

Nah loh, bagaimana ini. Berbeda dengan isu yang beredar di tengah masyarakat. Ternyata menurut keterangan dari kominfo bahwa air rebusan daun sirih tersebut boleh dibilang berbahaya bagi kesehatan mata. Dikarenakan pada daun sirih tersebut ada semacam mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan mata dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Jadi, kalau menurut keterangan dari kominfo bahwa kebiasaan di tengah masyarakat ini yang dipegang sangat erat dan dipercaya begitu teguh adalah Hoax.

Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Mungkin ada kalangan masyarakat yang menggunakan itu dan matanya sembuh. Kita tidak tau juga bukan. Sebab, sebuah kepercayaan yang dibangun ditengah orang banyak terkadang sudah merupakan kejadia  yang pernah mereka alami, lihat atau dirasakan. Intinya mau kalian mengobati mata dengan air daun sirih atau tidak, toh tetap saja yang sakit mata kalian, yang sehat juga mata kalian, akibat dan resiko kalian tanggung sendiri.

2 comments: