Header Ads

Halaman Mesjid Menjadi Ladang Uang


 
Para pedagang berjualan di halaman Mesjid Ikhwanussafa, Jalan Gunung Pangilun, karena tidak adanya lahan untuk berdagang, pedagang memanfaatkan halaman Mesjid.

  
Gunung Pangilun, ETTA News_ Selasa(17/2) akibat tidak tersedianya lahan untuk berdagang, para pedagang terpaksa menggunakan halaman Mesjid sebagai tempat berdagang. Jama’ah yang datang untuk beribadah merasa terganggu akibat aktivitas para pedagang yang ada di halaman Mesjid. Akibat adanya pedagang liar di halaman Mesjid membuat lahan parkir menjadi sempit sehingga para jama’ah memarkirkan kendaraan sembarangan.
Namun disisi lain para pedagang tidak bisa menemukan tempat yang sesuai untuk berdagang. Oleh karena itu, mereka memanfaatkan halaman Mesjid untuk berdagang karena tempat yang strategis dan ramai dikunjungi oleh calon pembeli baik itu siswa, mahasiswa dan masyarakat setempat. Menurut Marni (32), “kalau ndak disiko dima kami mangaleh lai, iko tampek yang cocoknyo, ndak ado tampek yang lain lai.”
Keberadaan pedagang liar di halaman Mesjid memudahkan siswa yang bersekolah disekitar lingkuangan Mesjid untuk berbelanja. Setiap jam istirahat, halaman Mesjid ramai karena semua siswa berbelanja disana. Kehadiran pedagang liar merusak keindahan Mesjid dan menganggu ketentraman bagi pengunjuang untuk beribadah, namu belun ada yang melarang mereka untuk berjualan diperkarangan Mesjid. (TG)

No comments